Wednesday, June 26, 2024

Furiosa: A Mad Max Saga

Beberapa dekade setelah apocalypse, Australia menjadi gurun radioaktif dan Green Place of Many Mothers adalah salah satu wilayah terakhir yang memiliki air bersih dan pertanian. Para perampok menemukan Green Place sementara 2 anak, Furiosa dan Valkyrie, sedang memetik buah persik. Furiosa mencoba menyabotase sepeda motor mereka, namun para perampok menangkapnya sebagai hadiah untuk pemimpin mereka, Dementus dari Biker Horde.

Mary, ibu Furiosa, mengejar mereka ke kamp Horde, membunuh semua kecuali satu perampok, yang membawa Furiosa ke Dementus. Furiosa melukai penyerang terakhir sebelum dia dapat mengungkapkan lokasi Green Place. 

Mary menyelinap ke kamp dan menyelamatkan Furiosa, tapi Dementus melacak mereka. Sang ibu tetap di belakang untuk memberi Furiosa waktu untuk melarikan diri dan memberinya biji buah persik untuk mengenangnya, namun Furiosa menolak meninggalkan Mary. 

Dementus memaksa Furiosa menyaksikan penyaliban ibunya. Dihantui oleh kematian keluarganya, Dementus mengadopsi Furiosa yang enggan dijadikan putrinya, berharap dia akan membawanya ke Green Place.

Beberapa saat kemudian, Dementus mengepung Citadel, pemukiman lain yang memiliki air bersih dan pertanian. Namun, Horde berhasil dipukul mundur oleh War Boys, pasukan fanatik panglima perang Citadel Immortan Joe. 

Dementus mengubah arah, menggunakan strategi Kuda Troya untuk merebut Gastown, kilang minyak yang memasok bensin ke Citadel. Pada negosiasi perdamaian, Joe mengakui otoritas Dementus atas Gastown dan meningkatkan pasokan makanan dan air sebagai imbalan atas dokter Horde dan Furiosa, yang telah menato peta bintang ke Green Place di lengan kirinya untuk menemukan jalan pulang. 

Setelah itu, Joe memenjarakan Furiosa dengan kandang "istrinya" di dalam lemari besi. Setelah putra Joe, Rictus, menunjukkan ketertarikan padanya, Furiosa menyusun rencana untuk melarikan diri. Suatu malam, Rictus mengeluarkan Furiosa dari lemari besi Joe untuk memperkosanya, tapi dia terlepas dari genggamannya menggunakan wig yang terbuat dari rambutnya sendiri dan menghilang.

Menyamar sebagai remaja laki-laki bisu, Furiosa naik pangkat menjadi anak buah Joe selama lebih dari satu dekade. Dia membantu membangun "War Rig", sebuah kapal tanker pasokan bersenjata lengkap yang dapat menahan serangan perampok di Wasteland tanpa hukum. 

Dia berencana untuk melarikan diri dengan bersembunyi di Rig ketika Joe mengirim pengemudi topnya, Praetorian Jack, untuk menjalankan perbekalan. Kecewa dengan sikap Dementus yang tidak berperasaan, letnannya, The Octoboss, menjadi nakal dan melancarkan serangan udara ke Rig. 

Para Mortifiernya membantai seluruh kru Rig dan menghancurkan sepeda motor tersembunyi Furiosa, namun Furiosa dan Jack bekerja sama untuk mengalahkan mereka. Furiosa mencoba membajak Rig dan pulang ke rumah, tapi Jack dengan mudah menggagalkannya. 

Namun, dia menyadari potensinya dan menawarkan untuk melatihnya melarikan diri jika dia membantunya membangun kembali krunya; Furiosa menjadi orang kedua di komando Jack dan dipromosikan menjadi Praetorian. Dia dan Jack terikat, dan memutuskan untuk melarikan diri bersama. 

Mereka melihat peluang ketika Joe memutuskan untuk menyerang Gastown, yang mana Dementus salah urus hingga hampir hancur. Joe memerintahkan Furiosa dan Jack untuk mengumpulkan senjata dan amunisi dari Bullet Farm, fasilitas pertambangan sekutu.

Namun, Dementus menyergap mereka saat mereka tiba. Furiosa dan Jack nyaris tidak bisa melarikan diri, dan lengan kiri Furiosa terluka. Dementus mengejar mereka dan menyiksa Jack sampai mati. Furiosa lolos dari rantainya dengan memotong lengannya sendiri yang terluka, mengorbankan peta bintangnya untuk melarikan diri. 

Seorang pria menyaksikan dari jauh saat Furiosa berjuang kembali ke Citadel, di mana dia dan ajudan Joe, The People Eater, membentuk strategi untuk menghindari jebakan yang direncanakan oleh Dementus. 

Sebaliknya, Dementus sendiri terpikat ke dalam perangkap di Citadel, dan War Boys menghancurkan Horde dalam perang 40 hari. Karena tersesat dalam perjalanan pulang, Furiosa mencukur kepalanya lagi, mengganti lengannya dengan prostetik mekanis, dan mengejar Dementus yang melarikan diri.

Setelah pengejaran yang lama, Furiosa menaklukkan Dementus di gurun. Furiosa memenjarakan Dementus di Citadel dan menggunakan tubuhnya yang hidup sebagai pupuk untuk menumbuhkan pohon persik dari benih ibunya. 

Joe mempromosikan Furiosa menjadi "Imperator" dan memberinya komando War Rig baru. Dia bertemu lima istri peternak Joe di lemari besi tempat Joe pernah menahan tawanannya. Malam sebelum persediaan lainnya habis, "Lima Istri" bersembunyi di Rig Furiosa.

No comments:

Post a Comment

Related Posts