Thursday, June 13, 2024

Godzilla Minus One

Pada tahun 1945, menjelang akhir Perang Dunia II, pilot kamikaze Kōichi Shikishima mendaratkan Mitsubishi A6M Zero miliknya untuk diperbaiki di pangkalan Jepang di Pulau Odo. Mekanik utama Sōsaku Tachibana menyimpulkan bahwa Shikishima berpura-pura mengalami masalah teknis untuk melarikan diri dari tugasnya. 

Malam itu, Godzilla, makhluk besar mirip dinosaurus, menyerang garnisun. Tachibana memberitahu Shikishima untuk menembak monster itu dari pesawatnya, tapi dia panik, gagal menembak, dan pingsan. Ketika dia bangun keesokan harinya, dia menemukan Tachibana adalah satu-satunya yang selamat, yang marah padanya karena gagal bertindak.

Shikishima kembali ke rumah dan menemukan orang tuanya terbunuh dalam pemboman Tokyo. Diganggu oleh rasa bersalah orang yang selamat, ia mulai mendukung seorang wanita, Noriko Ōishi, yang orang tuanya juga tewas dalam pemboman tersebut, dan seorang bayi yatim piatu, Akiko, yang diselamatkan Noriko. 

Dia mendapatkan pekerjaan di kapal penyapu ranjau yang bertugas membuang ranjau laut dari Perang Dunia II. Sementara itu, Godzilla bermutasi dan diberdayakan oleh uji coba nuklir Amerika Serikat di Bikini Atoll; itu menenggelamkan USS Redfish dan menghancurkan beberapa kapal lain dalam perjalanan ke Jepang. 

Karena ketegangan dengan Uni Soviet, AS tidak menawarkan bantuan kecuali beberapa kapal Angkatan Laut Kekaisaran Jepang (IJN) yang dinonaktifkan dan disetujui oleh Jenderal Douglas MacArthur. Pemerintah Jepang, yang khawatir akan menimbulkan kepanikan, tidak memberi tahu masyarakat tentang bahaya tersebut.

Pada bulan Mei 1947, Shikishima dan kru kapal penyapu ranjaunya melakukan perjalanan ke Kepulauan Ogasawara dan ditugaskan untuk menghentikan pendekatan Godzilla ke Jepang. Mereka melepaskan ranjau ke dalam mulut Godzilla dan meledakkannya, menyebabkan kerusakan yang signifikan, namun dengan cepat beregenerasi. Kapal penjelajah berat Takao kemudian menyerang Godzilla, namun hancur saat monster itu melepaskan sinar panasnya. 

Setelah kembali ke Tokyo, Shikishima membuka diri kepada Noriko tentang pertemuannya dengan Godzilla. Beberapa hari kemudian, Godzilla mendarat di Jepang dan menyerang Ginza, tempat Noriko bekerja. Dia nyaris selamat dari serangan awal dan bersatu kembali dengan Shikishima. Marah karena tembakan tank, Godzilla melenyapkan sebagian besar distrik dengan sinar panasnya, menewaskan puluhan ribu orang. Noriko mendorong Shikishima ke tempat aman, namun terjebak dalam ledakan dan dianggap tewas. Hancur karena kekalahan tersebut, Shikishima bersumpah akan membalas dendam.

Mantan insinyur angkatan laut Kenji Noda, salah satu awak kapal penyapu ranjau, menjadi frustrasi karena tidak adanya tindakan pemerintah. Dia menyusun rencana untuk menghancurkan Godzilla dengan memancingnya ke Teluk Sagami sebelum mengelilinginya dengan tank Freon dan menghancurkannya, menenggelamkan monster tersebut, dan membiarkan tekanan air yang dihasilkan menghancurkannya. Jika rencana tersebut gagal, balon akan ditiup di bawah Godzilla untuk memaksanya kembali, membunuhnya melalui dekompresi yang eksplosif. 

Untuk melaksanakan rencananya, Noda telah merekrut veteran angkatan laut untuk menjadi awak kapal perusak IJN yang dilucuti. Shikishima merekrut Tachibana untuk memperbaiki pesawat tempur Kyushu J7W Shinden yang rusak. Dia berencana untuk membunuh Godzilla dalam serangan bunuh diri dengan terbang ke mulutnya dan meledakkan bahan peledak di dalamnya. Dia meninggalkan Akiko dalam perawatan tetangganya Sumiko sebelum Godzilla muncul kembali.

Saat Shikishima memikat Godzilla ke perangkap yang dibuat oleh dua kapal perusak, Sumiko menerima telegram yang ditujukan untuk Shikishima. Godzilla selamat dari terjun awal dan kemudian melepaskan diri sebelum dipaksa kembali, menderita cedera serius akibat barotrauma yang disebabkan oleh dekompresi. Dengan bantuan armada kapal tunda yang diorganisir oleh Mizushima, awak kapal penyapu ranjau lainnya, kapal-kapal tersebut mengangkut Godzilla ke permukaan. 

Marah, Godzilla bersiap untuk menghancurkan semua kapal dengan sinar panasnya, tapi Shikishima menabrakkan pesawat ke mulut Godzilla dan menghancurkan kepalanya, menyebabkan energi sinar panas merobek tubuhnya. Para kru merayakan saat Shikishima keluar sebelum ledakan dan terjun payung ke tempat yang aman, menggunakan kursi lontar yang dipasang Tachibana di Shinden, memohon padanya untuk melepaskan rasa bersalahnya dan terus hidup.

Sekembalinya ke rumah, Sumiko memberi Shikishima telegram, yang membawanya ke rumah sakit di mana dia bertemu kembali dengan Noriko, yang selamat dari kehancuran tetapi memiliki memar hitam di lehernya. Sementara itu, sepotong daging Godzilla mulai beregenerasi saat itu tenggelam ke laut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts