Friday, June 14, 2024

Karet Kaca Pintu Mobil Sobek

Salah satu fungsi karet kaca mobil adalah sebagai penyegel air (water sealing), selain itu juga sebagai 
Mencegah angin dan debu masuk melalui pintu kendaraan saat pintu ditutup, sebagai rel untuk pergerakan naik dan turun kaca mobil (untuk karet flipit dan channel kaca) dan lain sebagainya.

Artikel ini akan lebih khusus membahas karet channel kaca mobil, yang mempunyai fungsi utama dan pertama yaitu memperhalus dan meluruskan gerakan naik dan turun kaca, serta meredam getaran kaca saat mobil berjalan serta menahan bagian atas kaca saat tertutup.

Kerusakan pada karet channel kaca biasanya terlihat dari sobek, retak, atau getas. Kemudian berikutnya yang juga berkaitan dengan kaca, adalah karet flipit kaca yang mempunyai fungsi menahan kaca saat bergerak naik dan turun agar tidak miring. Jika karet ini rusak, power window bisa seret, kaca tergores, atau kaca dapat doyong saat naik turun.

Agar tidak cepat rusak, maka kita perlu merawat karet kaca pintu mobil dengan cara, 
  • Parkir di tempat yang teduh
  • Membersihkan kotoran dari karet mobil
  • Hindari gesekan karet dengan benda tajam

Selain itu, kita juga harus merawat karet kaca pintu mobik dengan menggunakan silicone spray atau cairan silikon. Cairan ini berfungsi menjaga kekenyalan karet agar tidak mudah getas atau retak. Silicone spray bekerja dengan meresap ke dalam bahan karet dan memberikan lapisan pelindung yang menjaga kelembaban dari cuaca. 

Setelah diaplikasikan, bahan karet akan terasa lebih licin saat dipegang, menunjukkan bahwa cairan tersebut telah meresap dengan baik.

Selain itu, Silicone Spray mempunyai manfaat yaitu melancarkan pergerakan kaca dengan melembabkan rel karet kaca, sehingga kaca mobil bisa naik turun dengan lancar tanpa seret, yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi beban pada dinamo atau motor power window.



Sumber :
https://www.asuransiastra.com/tips/menjelang-musim-hujan-perhatikan-kerusakan-yang-terjadi-pada-karet-body-mobil/
https://car-glass.co.id/blog/karet-pintu-mobil/
https://otomotifnet.gridoto.com/read/233994323/banyak-manfaat-silicone-spray-untuk-mobil-tapi-jangan-semprot-bagian-ini?page=all
https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/bahaya-semprot-silicone-spray-pada-karet-wiper-mobil/

No comments:

Post a Comment

Related Posts