Wednesday, August 21, 2024

Perbesar Kapasitas Local Disk C

Saat laptop kita dengan kondisi Local Disk C penuh, akan terasa sangat mengganggu. 

Local Disk C penuh merupakan hal yang umum terjadi. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab local disk C penuh, misalnya adanya pembagian partisi hard disk yang terlalu kecil. Terlalu banyak aplikasi atau program sehingga memenuhi local disk C. Terdapat banyak file yang sering kali tidak berguna dan menumpuk di folder download. Banyak temporary file yang tidak kunjung dihapus. Banyaknya pembaruan sistem operasi yang membutuhkan ruang penyimpanan cukup besar. 

Ada beberapa cara mudah yang dapat kita lakukan, untuk mengatasi local disk C penuh.

Pertama, hapus instalasi program. Lakukan seleksi mengenai program mana yang masih digunakan atau sudah tidak dipakai. Kemudian, hapuslah instalasi program yang sudah tidak digunakan lagi. Caranya kunjungi setting > Apps > Installed Apps > klik titik tiga pada aplikasi yang ingin dihapus > uninstall.

Kedua, kosongkan Recycle Bin, dengan cara buka recycle bin dan hapus permanen semua file yang ada di dalamnya.

Ketiga, bersihkan temporary file, sebenarnya fungsi temporary file adalah untuk mempercepat waktu pemrosesan saat Anda ingin membuka kembali sebuah program. Namun, jika jumlahnya terlampau banyak, dampaknya adalah local disk C penuh. Caranya adalah buka Settings > system > storage > temporary file > centang jenis temporary file yang ingin dihapus > remove files.

Keempat, bersihkan cache dan cookies browser, yang tersimpan otomatis di laptop saat kita melakukan berbagai aktivitas di internet, seperti membuka situs web atau mengunduh file, sehingga memakan banyak memori di local disk C. Caranya adalah, buka aplikasi browser yang digunakan, klik menu titik tiga di bagian kanan atas, masuk ke pengaturan browser, pilih privasi dan keamanan, klik hapus data browsing / hapus data penjelajahan, hapus semua history browsing.

Cara berikutnya adalah perbesar kapasitas Local Disk C, dengan jalan mengambil dari partisi lain. Untuk melakukannya pelajari terlebih dahulu salah satu tutorial berikut ini.


Jika terjadi kendala karena tidak bisa format disk setelah shrink volume, kita bisa mengatasinya dengan mengikuti langkah dari video berikut.



Sumber :

https://asani.co.id/blog/cara-mengatasi-local-disk-c-penuh-dan-penyebab/

https://www.youtube.com/watch?v=ur_bbTVNeKg&t=285s




No comments:

Post a Comment

Related Posts